Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) & Kick Off Program Merdeka Sampah

Jumat pagi telah dilaksanakan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) & Kick Off Program Merdeka Sampah yang dilaksanakan di Lapangan Satpas Ditlantas Polda Kalsel Km.22 Kota Banjarbaru. Peringatan Harkitnas dilakukan secara ceremony melalui apel yang dihadiri langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan selaku pembina apel. Adapun juga berhadir Ketua DPRD Prov Kalsel, Korem 101 Antasari dan Sekda Prov Kalsel.
*
Sambutan Gubernur Kalimantan Selatan menyampaikan bahwa peringatan Harkitnas yang ke-114 ini dengan tema “Ayo Bangkit Bersama” dimana momentum Harkitnas dapat membangkitkan semangat dan kepedulian akan pentingnya lingkungan yang sehat dan bersih. Selain itu dengan adanya Kick Off Program Merdeka Sampah berupa aksi bersih dan penanaman pohon di sepanjang jalan protokol diharapkan dapat lingkungan disekitarnya bebas dari sampah sehingga indah dan nyaman dipandang mata. Terlebih lagi tahun ini Kalsel akan mengadakan pergelaran besar yaitu MTQ Nasional yang mana akan berdatangan banyak peserta dan tamu dari berbagai wilayah se-Indonesia sehingga perlu adanya pembenahan di sektor kebersihan terutama di sepanjang jalan protokol. Selain itu dalam apel juga Gubernur Kalimantan Selatan menyerahkan secara simbolis alat kebersihan kepada 5 perwakilan setiap unsur pada peserta apel.
*
Adapun laporan Kadis LH Prov Kalsel menyampaikan bahwa Kick Off Program Merdeka Sampah ini digagas dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan khususnya do sepanjang jalan protokol. Kemudian dalam laporannya juga menjelaskan adanya sebanyak 15 titik lokasi yang tersebar di sepanjang jalan protokol yaitu di jalan A. Yani Km.7-Km.17 dan jalan Gubernur Soebardjo. Dengan mengarahkan peserta aksi yaitu seluruh SKPD Pemprov Kalsel, Pemerintah Kab/Kota terkait, unsur TNI dan Polri, Komunitas Lingkungan, Mahasiswa dll.
*
Semoga dengan adanya Kick Off Program Merdeka Sampah ini pada momentum Harkitnas dapat menjadikan kita bangkit dan merdeka dari sampah.

default

Dokumentasi : https://bit.ly/hartkitnasmerdekasampah2022

Default image
dlhkalselprov
Articles: 146

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.