Diskusi Informal Potensi Kolaborasi Pemerintah Kalimantan Selatan dan GGGI

Hari Jum’at, 1 April 2022 Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan menghadiri Diskusi Informal Potensi Kolaborasi Pemerintah Kalimantan Selatan dan GGGI. Global Green Growth Institute (GGGI) adalah lembaga internasional antar pemerintah yang didirikan sebagai penggabungan ide-ide yang berasal dari sektor publik & swasta yang berkomitmen untuk mencapai pertumbuhan hijau dan mendukung visi rendah karbon. Salah satu ide yang sedang dikembangkan GGGI sebagai kerangka kerja dengan Pemerintah Indonesia sampai dengan tahun 2025 yaitu “Green City” sektor Persampahan di Kawasan Banjarbakula. Beberapa perencanaan kebutuhan Pemerintah Provinsi Kalimantan meliputi :
• Rencana induk kawasan metropolitan banjarbakula
• Roadmap pembangunan fasilitas persampahan (PDU,TPS3R/TPST, Bank Sampah)
• Rencana kemitraan dengan sektror swasta, universitas dan komunitas
• Inventori GRK dan rencana penurunan emisi GRK

Dalam diskusi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan menyampaikan beberapa permasalahan dalam pengelolaan sampah di kawasan Banjarbakula yaitu sistem operasional TPA yang masih menerapkan teknik open dumping, ketersediaan sarana prasarana operasional masih belum memadai dan biaya operasional yang masih minim.

Diharapkan dengan adanya lembaga antar pemerintah ini dapat memberikan kontribusi untuk pemerintah daerah sebagai dukungan untuk mencapai pertumbuhan hijau dan mendukung visi rendah karbon.

Default image
dlhkalselprov
Articles: 153

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.