Visi  Misi

Visi Kalimantan Selatan Tahun 2016-2021 adalah

“Kalsel Mapan (Mandiri dan Terdepan) Lebih Sejahtera, Berkeadilan, Berdikari, dan Berdaya Saing”.

Visi tersebut secara umum mengandung pengertian “Pembangunan Biru (blue development) Menuju Kedaulatan dan Kemapanan Berkelanjutan”, yang dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Pembangunan Biru (blue development) adalah pembangunan yang memperhatikan keberadaan sumberdaya, mempertahankan keragaman (biodiversity), inovasi dan penciptaan lapangan kerja sekaligus melakukan upaya-upaya penyelamatan lingkungan (konservasi) dan meningkatkan jasa-jasa lingkungan.
  2. Ekonomi biru (blue economy) yaitu sistem ekonomi berbasis inovasi yang memanfaatkan SDA secara produktif dan efisien, tidak menghasilkan limbah dan emisi; dan pada saat yang sama mampu menciptakan lapangan kerja, menghasilkan pertumbuhan ekonomi berkualitas, dan tidak memerlukan biaya tinggi.
  3. Kedaulatan dan Kemampuan Berkelanjutan; yaitu Pembangunan berkelanjutan (sustainable development) yang memperhatikan keseimbangan antara pencapaian aspek pertumbuhan ekonomi (economy growth), sekaligus memperhatikan pemerataan kesejahteraan (social equity) dan kelestarian dan keberlanjutan lingkungan (ecological sustainablity) yang dikenal dengan the living triangle.Upaya mewujudkan visi pembangunan Kalimantan Selatan Tahun 2016– 2021 tersebut, maka misi pembangunan Kalimantan Selatan adalah sebagai berikut:
    1. Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang Agamis, Sehat, Cerdas dan Terampil;
    2. Mewujudkan Tatakelola Pemerintahan yang Profesional dan Berorientasi pada Pelayanan Publik;
    3. Memantapkan Kondisi Sosial Budaya Daerah yang Berbasiskan Kearifan Lokal;
    4. Mengembangkan Infrastruktur Wilayah yang Mendukung Percepatan Pengembangan Ekonomi dan Sosial Budaya;
    5. Mengembangkan Daya Saing Ekonomi Daerah yang Berbasis Sumberdaya Lokal dengan Memperhatikan Kelestarian Lingkungan

    Keterkaitan antara visi dan misi pembangunan Kalimantan Selatan dengan Dinas Lingkungan Hidup yakni pada misi kelima yakni Mengembangkan Daya Saing Ekonomi Daerah yang Berbasis Sumberdaya Lokal, dengan Memperhatikan Kelestarian Lingkungan.  Misi kelima tersebut dijabarkan dengan tujuan yakni meningkatkan daya saing perekonomian dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup daerah.

    Visi Misi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel terkait dengan visi misi Kalsel yaitu:

    Visi Dinas Lingkungan Hidup

    “Terwujudnya Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup Kalimantan Selatan”

    Misi Dinas Lingkungan Hidup

    1. Meningkatkan kualitas air;
    2. Meningkatkan kualitas udara;
    3. Meningkatkan tutupan hutan.