Bidang Sekretariat

Sekretariat mempunyai tugas mengoordinasikan penyusunan program  dan rencana kegiatan Dinas Lingkungan Hidup, mengelola urusan keuangan, mengelola urusan ketatausahaan, rumah tangga dan perlengkapan serta mengelola urusan administrasi kepegawaian.

Uraian tugas tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Menyusun program, membina, mengatur, mengendalikan, dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data;
  2. Menyusun program, membina, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan penyusunan program dan rencana kegiatan serta laporan;
  3. Menyusun program, membina, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan penyusunan rencana anggaran;
  4. Menyusun program, membina, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi pengelolaan penatausahaan keuangan dan penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan;
  5. Menyusun program, membina, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan urusan ketatausahaan;
  6. Menyusun program, membina, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan;
  7. Menyusun program, membina, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi efektivitas organisasi  dan ketatalaksanaan serta pengelolaan administrasi kepegawaian;
  8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan kepala dinas sesuai bidang tugas dan tanggung jawabnya.

Untuk melaksanakan tugas-tugas tersebut, Sekretariat mempunyai fungsi:

  1. Penyusunan program, pembinaan, pengaturan, pengendalian dan evaluasi kegiatan penyusunan program dan rencana kegiatan Dinas Lingkungan Hidup;
  2. Penyusunan program, pembinaan, pengaturan, pengendalian, dan evaluasi kegiatan penyusunan rencana anggaran, pengelolaan penatausahaan keuangan dan penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan;
  3. Penyusunan program, pembinaan, pengaturan, pengendalian, dan evaluasi  pengelolaan urusan ketatausahan, rumah tangga dan perlengkapan, hubungan masyarakat dan keprotokolan;
  4. Penyusunan program, pembinaan, pengaturan, pengendalian, dan evaluasi pengelolaan administrasi kepegawaian

                         Unsur-unsur organisasi Sekretariat  adalah

  • Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan

Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan  mempunyai tugas menyiapkan bahan dan melaksanakan kerjasama penyusunan program dan rencana kegiatan  serta menyiapkan laporan pelaksanaan kegiatan Dinas Lingkungan Hidup.

Uraian tugas tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan bahan dan menyusun program dan rencana kegiatan Dinas Lingkungan Hidup;
  2. Menyiapkan bahan dan menyusun petunjuk teknis penyusunan program dan rencana kegiatan;
  3. Mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyajikan data kinerja dalam berbagai bentuk;
  4. Menyiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan rencana strategis;
  5. Menyiapkan bahan penyusunan program dan rencana kegiatan terintegrasi;
  6. Melaksanakan kerjasama penyusunan program dan rencana kegiatan terintegrasi;
  7. Menyiapkan bahan dan melaksanakan monitoring,evaluasi program serta rencana kegiatan;
  8. Menyiapkan bahan dan menyusun Laporan Kinerja Instansi Pemerintah;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai bidang tugas dan tanggung jawabnya.
  • Sub Bagian Keuangan dan Aset

Sub Bagian Keuangan dan Aset mempunyai tugas menyusun rencana anggaran dan mengelola penatausahaan keuangan serta menyiapkan laporan pertanggungjawaban keuangan.

Uraian tugas tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan bahan dan menyusun petunjuk teknis penyusunan anggaran dan pengelolaan penatausahaan keuangan;
  2. Menyiapkan bahan penyusunan rencana anggaran belanja tidak langsung, anggaran belanja langsung, rancana penerimaan dan pendapatan badan lingkungan hidup daerah;
  3. Melaksanakan kerjasama penyusunan rencana anggaran dan rencana pendapatan dan penerimaan;
  4. Menyiapkan bahan pengesahan dokumen anggaran;
  5. Menyiapkan bahan dan mengelola penatausahaan keuangan;
  6. Menyiapkan bahan dan melaksanakan evaluasi realisasi anggaran;
  7. Menyiapkan bahan dan menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan;
  8. Menyiapkan bahan dan mengusulkan pejabat pengelola perbendaharaan;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh sekretaris sesuai bidang tugas dan tanggung jawabnya.
  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas mengelola urusan surat menyurat, ekspedisi dan kearsipan, urusan rumah tangga dan perlengkapan, hubungan masyarakat dan keprotokolan, organisasi dan ketatalaksanaan mengelola administrasi kepegawaian.

Uraian tugas tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan bahan dan menyusun rencana kegiatan pengelolaan urusan ketatausahaan, rumah tangga dan perlengkapan, kehumasan dan keprotokolan, organisasi dan ketatalaksanaan serta pengelolaan administrasi kepegawaian;
  2. Mengelola urusan surat menyurat, pengetikan, penggandaan, pencetakan dan ekspedisi;
  3. Melaksanakan kegiatan penyimpanan, pemilahan, pemindahan dan penjadwalan retensi serta pemusnahan arsip;
  4. Melaksanakan pelayanan administrasi perjalanan dinas;
  5. Melaksanakan pengaturan tata ruang kantor, penerangan, penyediaan air bersih, pengawasan keamanan dan kebersihan lingkungan kantor serta mengatur perparkiran;
  6. Menyiapkan bahan dan menyusun rkbu dan rtbu sesuai kebutuhan;
  7. Melaksanakan kegiatan pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan, distribusi, inventarisasi dan penghapusan barang-barang inventaris;
  8. Melaksanakan kegiatan hubungan masyarakat dan keprotokolan;
  9. Menyiapkan pelayanan akomodasi tamu kedinasan;
  10. Menyiapkan bahan analisis dan melaksanakan evaluasi efektivitas organisasi dan ketatalaksanaan;
  11. Menyiapkan bahan dan menyusun rencana kebutuhan pegawai berdasarkan bezetting formatie;
  12. Menyiapkan bahan dan memproses mutasi kepegawaian meliputi mutasi jabatan, mutasi kepangkatan, mutasi gaji dan pemberhentian pegawai;
  13. Menyiapkan bahan pembinaan pegawai meliputi pembinaan kedisiplinan, pengawasan melekat, peningkatan kesejahteraan, pendidikan dan pelatihan, pemberian penghargaan dan sanksi kepegawaian;
  14. Menyiapkan bahan dan menyusun daftar urut kepangkatan, dan mengelola dokumentasi/berkas kepegawaian, serta mengolah data dan menyajikan informasi kepegawaian;
  15. Menyiapkan bahan evaluasi kinerja individual kepegawaian dan pembinaan jiwa korsa dan kode etik kepegawaian;
  16. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai bidang tugas dan tanggung jawabnya.

 

1 Mei 2017

Berita 4

29 April 2017

Berita 3

29 April 2017

Berita 2

29 April 2017

Berita 1

Berita menanam pohon hari menanam pohon sedunia diselenggarakan di hutan raya banua provinsi kalimantan selatan
Read More