Diskusi Hasil Kajian Tutupan Lahan Perkebunan

Pada hari selasa, 31 Agustus 2021, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan A. Dadang Sugian Noor, S.Hut, M.S. dan Jafung Pedal Yudhi Syarif, ST menghadiri secara daring tentang Diskusi Pendahuluan SID Pengendalian Banjir Sungai Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu yang diselenggarakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan.
Latar Belakang adanya kegiatan ini adalah karena Sungai Batulicin yang merupakan sungai utama pada DAS Batulicin sering mengalami bencana banjir yang menyebabkan pemukiman dan per

Pada hari Senin 30 Agustus 2021, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Kabid Pengendalian dan Pencemaran Kerusakan Lingkungan Hidup, A. Dadang Sugian Noor, S.Hut., M.S. menghadiri secara daring Ekspose Awal Hasil Kajian Tutupan Lahan Perkebunan.

Kegiatan ini di awali oleh surat Dinas Kehutanan tentang permintaan lahan perkebunan karet untuk dimasukkan dalam perhitungan Indeks Kualitas Tutupan Lahan. Setelah itu untuk menindak lanjutinya Direktorat Pemulihan Kerusakan Lahan Akses Terbuka bersama Institut Pertanian Bogor Fakultas Kehutanan dan Lingkungan pada bulan Juni melaksanakan survei ke lokasi perkebunan yang didampingi oleh staff di Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel.

Dari pemaparan hasil kajian ini didapat bahwa nilai perkebunan karet untuk penginderaan jauh dengan melihat nilai kerapatan dan kanopi nya didapatkan nilai range antara 0,5-0,6. Nilai ini menunjukkan bahwa Tanaman Karet dapat masuk dalam Perhitungan IKTL, namun perlunya pendalaman kembali kriteria perkebunan karet apa saja yang dapat masuk dalam perhitungan nantinya.

Default image
dlhkalselprov
Articles: 67