SURAT EDARAN PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN TAHUN 2020

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) berdampak buruk terhadap kondisi lingkungan hidup, sosial ekonomi dan kesehatan. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah menerbitkan Surat Edaran Gubernur Kalimantan Selatan Nomor : 660/0624.A-PPKLH/DLH/2020 Tanggal 30 Juni 2020 Tentang Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan. Surat Edaran ini ditujukan kepada para pelaku usaha di bidang perkebunan dan kehutanan.

Surat Edaran ini sebagai upaya untuk mendorong kepedulian dan tanggung jawab semua pihak khususnya pelaku usaha dalam pengelolaan kebakaran hutan dan lahan mulai dari pencegahan sampai dengan penanganan pasca kebakaran hutan dan lahan jika terjadi di wilayah kerjanya sebagaimana ketentuan perundang-undangan terkait. Pelaku usaha juga dituntut untuk dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pengelolaan hutan dan lahan masyarakat yang berada di sekitar lokasi perusahaan khususnya menyangkut Pembukaan Lahan Tanpa Bakar, serta bersama-sama menjaga dan melakukan pengawasan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Pengendalian karhutla tidak akan efektif dan berhasil dengan optimal tanpa peran dan komitmen yang kuat dari semua pihak baik pemerintah, swasta dan segenap masyarakat.

Mari cegah karhutla.
Bersama kita bisa.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *