Penerapan Eco Office sebagai Upaya Melestarikan Fungsi Lingkungan Hidup

Menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia tanggal 5 Juni 2020, kita selalu diingatkan bahwa betapa pentingnya untuk menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup, bahwa lingkungan hidup akan menjadi warisan anak cucu kita. Connect with nature adalah tema lingkungan hidup yang memiliki misi untuk mengajak penduduk bumi berinteraksi dengan alam, mengenali, dan menikmati keindahan alam sehingga tergeraklah keinginan untuk melindungi bumi. Namun, apa yang sudah kita lakukan secara sadar untuk melestarikan lingkungan hidup? Apakah menjaga lingkungan hidup hanya sekedar slogan pada momen-momen tertentu saja? Tentu kita tidak ingin bahwa tuntutan menjaga lingkungan hidup hanya kita serukan sebagai euforia saja.

Pelaksanaan peringatan Hari Lingkungan Hidup bukanlah seremonial semata, melainkan kita dituntut untuk melakukan aksi nyata. Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati demi meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet Bumi. Hari peringatan ini dipandang sebagai kesempatan bagi semua orang untuk menjadi bagian aksi global dalam menyuarakan proteksi terhadap planet bumi, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan gaya hidup yang ramah lingkungan.

Dalam rangka untuk ikut melaksanakan pelestarian lingkungan hidup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Selatan telah memiliki sebuah Kebijakan Lingkungan Perkantoran yang diharapkan dapat menjadi panduan bagi seluruh pegawai lingkup DLH Provinsi Kalimantan Selatan, sebagai individu dan sebagai Aparatur Sipil Negara yang mempunyai tanggung jawab terhadap lingkungan untuk dapat berbuat optimal dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Melalui panduan ini diharapkan dapat membuka wawasan bagi setiap pegawai terhadap apa yang bisa dilakukan dan apa yang harus diperhatikan di lingkungan kantor dalam upaya ikut menjaga lingkungan hidup.

Kebijakan lingkungan perkantoran dalam penerapan konsep eco office mungkin saja bukan hal mudah untuk dijalankan dan langsung dilihat keberhasilannya. Dibutuhkan komitmen dari semua pihak untuk menjalankan ini. Untuk melakukan ini diperlukan kesadaran pribadi untuk merubah perilaku, dan tindakan yang terus menerus yang akhirnya menjadi perilaku yang melekat pada setiap pegawai. Namun bagaimanapun juga, sebuah hal baik harus diupayakan. Mari mulai hal baik untuk lingkungan,. Mulai dari hal sederhana tetapi terus menerus di lingkungan kantor kita, semoga bisa menular menjadi kebiasaan baik di lingkungan rumah dan sekitarnya.
 

Untuk dapat mendownload Panduan Kebijakan Lingkungan Perkantoran yang diterbitkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, silahkan klik link di bawah ini :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *