Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2020

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2020 kali ini menggaungkan kepada dunia bahwa inilah waktu bagi alam, “Time For Nature”. Dengan tema “Keanekaragaman Hayati”, memberikan seruan kepada kita untuk bertindak guna memerangi percepatan kepunahan spesies tumbuhan dan hewan di dunia.

Sejak kehidupan dimulai di Bumi, lima kepunahan massal besar dan beberapa peristiwa kecil telah menurunkan keanekaragaman hayati secara besar dan mendadak. Sejak munculnya manusia, pengurangan keanekaragaman hayati dan hilangnya keanekaragaman genetik terus berlangsung. Peristiwa ini dinamakan kepunahan Holosen, yaitu pengurangan yang terutama diakibatkan oleh manusia, terutama penghancuran habitat Sebaliknya, keanekaragaman hayati memberi pengaruh positif terhadap kesehatan manusia melalui berbagai cara. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan periode tahun 2011–2020 sebagai Dekade Keanekaragaman Hayati PBB.

Sebagai penghuni Bumi, dimasa Pandemi ini sudah semestinya kita BERTINDAK untuk menjaga dan melindungi bumi dari kerusakan. Dimulai dengan aktivitas sederhana di rumah seperti penanaman pohon, merawat makhluk hidup yang ada di sekitar kita, penghematan air, listrik, pemilahan sampah dan lainnya. Lingkungan hidup yang baik dan sehat akan memberikan dampak yang baik pula untuk kehidupan kita.

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan juga ikut meramaikan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2020 dengan melakukan Aksi Pilah Sampah Dari Rumah guna menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Bumi tidak selamanya hijau. Bumi juga tidak selamanya mampu menampung polusi dan kerusakan akibat ulah manusia. Untuk itu, sebagai seorang yang membutuhkan bumi, hendaknya kita turut menjaganya agar tetap kuat dan memberikan banyak manfaat. Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2020.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *