Peringatan Hari Bumi Sedunia

Sejarah peringatan Hari Bumi Sedunia mungkin sebagian dari kita sudah tahu, apalagi di era teknologi seperti saat ini, semua informasi dengan mudah dapat kita peroleh melalui internet. Tetapi mungkin sebagian lagi dari kita belum tahu tentang sejarah Hari Bumi. Dalam rangka baru saja kita memperingati Hari Bumi Sedunia pada tanggal 22 April 2020 yang lalu, maka tidak ada salahnya kalau sejarah peringatan Hari Bumi Sedunia kita sajikan kembali beserta beberapa fakta lain terkait Hari Bumi. Tulisan ini juga saya ambil dari beberapa sumber dari internet.

Apa itu Bumi ?

Sebelum menyajikan tentang sejarah Hari Bumi, kita harus tahu dulu apa itu Bumi? Secara ilmiah dikatakan bahwa bumi adalah planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya. Bumi juga merupakan planet terbesar dari empat planet kebumian Tata Surya. Bumi terkadang disebut dengan dunia atau Planet Biru. Bumi terbentuk sekitar lebih dari 4,54 miliar tahun yang lalu, dan kehidupan sudah muncul di permukaannya paling tidak sekitar lebih dari 3,5 miliar tahun yang lalu. Biosfer bumi kemudian secara perlahan mengubah atmosfer dan kondisi fisik dasar lainnya, yang memungkinkan terjadinya perkembangbiakan organisme serta pembentukan lapisan ozon, yang bersama medan magnet bumi menghalangi radiasi surya berbahaya dan mengizinkan makhluk hidup mikroskopis untuk berkembang biak dengan aman di daratan. Naah.. sulit ya memahami bahasa ilmiah ini, tapi intinya adalah karena sifat fisik, sejarah geologi, dan orbit bumi memungkinkan kehidupan untuk bisa terus bertahan, sehingga saat ini bumi merupakan tempat kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Siapa yang menggagas Hari Bumi?

Gagasan tentang peringatan Hari Bumi mulai disampaikan oleh seorang senator dari Wisconsin Amerika Serikat yang juga seorang pengajar lingkungan hidup, bernama Anton Gaylord Nelson sejak tahun 1969. Saat itu Gaylord Nelson memandang perlunya isu-isu lingkungan hidup untuk masuk dalam kurikulum resmi perguruan tinggi. Hati Nelson mulai tergerak untuk melakukan kegiatan lingkungan tatkala melihat betapa tercemar dan kotornya bumi akibat dari ulah manusia. Gagasan ini kemudian mendapat dukungan luas dan mencapai puncaknya pada tanggal 22 April 1970. Saat itu sejarah mencatat jutaan orang turun ke jalan, berdemonstrasi dan memadati Fifth Avenue di New York untuk mengecam para perusak bumi. Mereka hanya ingin mendapatkan udara dan air bersih. Di tahun 1970, tingkat polusi di Amerika Serikat cukup mengkhawatirkan. Momen ini kemudian menjadi tonggak sejarah diperingatinya sebagai Hari Bumi yang pertama kali. Nelson awalnya memilih 22 April karena tampaknya tidak bertepatan dengan hari libur besar lainnya di Amerika Serikat. Selain itu, tanggal tersebut sengaja dipilih oleh Senator Nelson agar lebih banyak menarik mahasiswa. Tanggal 22 April juga bertepatan dengan musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) sekaligus musim gugur di belahan bumi selatan. Sejak itu, pada tanggal 22 April setiap tahunnya Hari Bumi (Earth Day) diperingati.

Fakta Lain Peringatan Hari Bumi

Ternyata ada beberapa fakta lain peringatan Hari Bumi. Ini sebagai tambahan pengetahuan kita terkait peringatan Hari Bumi.

1. Ada rumor yang mengatakan bahwa perayaan Hari Bumi memiliki keterkaitan tentang tokoh komunis Rusia. Sebabnya, tanggal tersebut merupakan hari kelahiran Vladimir Lenin, dan pada 22 April 1970 bertepatan dengan peringatan 100 tahun kelahiran tokoh komunis Rusia itu. Muncul isu yang menyebar bahwa ada ‘konspirasi komunis’ terkait Hari Bumi. Wallahualam…

2. Ternyata Hari Bumi memiliki lagu dan bendera sendiri. Lagu Hari Bumi ditulis pada tahun 2013 oleh penyair India Abhay Kumar, dan telah direkam dalam semua bahasa resmi PBB. Selain lagu, Hari Bumi juga memiliki bendera sendiri. Bendera ini dibuat oleh John Mc Connell, seorang aktivis perdamaian. Dirinya terinspirasi membuat bendera Hari Bumi setelah dia melihat gambar pertama Bumi dari luar angkasa yang dicetak sebagai sampul majalah Life. Bendera ini berwarna biru langit dengan gambar Bumi tepat di tengah bagian bendera. Sayangnya saya belum menemukan lagu Hari Bumi ini. Saya tahu lagu ada lagu berjudul Earth Song dari Michael Jackson mengenai Kebakaran dan penebangan hutan, membuat satwa kehilangan habitat, juga memicu pencemaran lingkungan. Lagu ini dibuat untuk menggugah kepedulian banyak orang terhadap pentingnya hutan sebaga paru-paru dunia. Lagu ini mendapat nominasi Grammy 1997 serta apresiasi dari sejumlah lembaga peduli lingkungan hidup. Ada banyak lagi lagu-lagu yang mengajak kita peduli tentang bumi.

3. PBB merayakan hari Bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari di mana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret. Apa itu Ekuinoks, terlalu panjang jika disampaikan pada tulisan sejarah Hari Bumi ini. Intinya, Hari Bumi diperingati PBB setiap tahunnya sejak 21 Maret 1971. Namun PBB juga mengakui tanggal 22 April sebagai hari bumi yang dilaksanakan secara global. PBB secara resmi merayakannya 22 April sebagai “International Mother Earth Day.

4. Aksi lain penyelamatan bumi adalah gerakan Earth Hour yang dilaksanakan setiap bulan Maret. Kegiatan kampanye earth hour sebenarnya telah dimulai sejak tahun 2007 di kota Sidney, Australia. Indonesia mulai mengikuti kegiatan kampanye earth hour sejak tahun 2009. Jakarta
merupakan kota pertama yang mengikuti kegiatan tersebut, lalu di tahun-tahun berikutnya beberapa kota besar di Indonesia juga telah menyusul untukmengikuti kegiatan tersebut.  Meskipun dilaksanakan di tanggal yang berbeda-beda, namun biasanya kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu di minggu ke-3 bulan Maret, yaitu pada pukul 20.30 hingga pukul 21.30. Merupakan sebuah kegiatan kampanye yang dilakukan secara global dalam rangka mengajak seluruh penduduk bumi untuk bersama-sama peduli dalam upaya untuk menurunkan emisi zat karbondioksida
sebagai pemicu terjadinya pemanasan global serta perubahan iklim. Dalam kegiatan kampanye ini, kita diajak untuk menghemat penggunaan listrik yaitu dengan mematikan lampu-lampu penerangan maupun peralatan listrik lainnya selama kurang lebih satu jam.

Demikian sedikit pengetahuan terkait peringatan Hari Bumi. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu Bumi. Hari Bumi dikatakan sebagai hari raya non keagamaan karena dirayakan oleh orang di seluruh dunia. Perlu kita pahami adalah Hari Bumi yang dirayakan oleh seluruh dunia tersebut bukanlah sekadar perayaan semata. Namun, juga untuk menyadarkan bahwa untuk menjaga bumi ini ada banyak hal yang harus diakukan setiap harinya. Hal kecil, sederhana tetapi dilakukan terus menerus untuk menjaga bumi akan sangat menolong bumi untuk terus menunjang kehidupan manusia yang hidup di planet ini.







Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *