Sambutan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan Pada Peringatan Hari Bumi Sedunia Tahun 2020

Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera buat kita semua.

Tanggal 22 April yang biasa kita peringati sebagai Hari Bumi Sedunia menjadi sangat berbeda. Tahun ini tidak bisa kita jumpai kerja gotong royong menanam pohon, membersihkan sampah, selokan dan berbagai kegiatan untuk bumi lainnya secara bersama-sama.

Situasi ditahun ini, ditengah pandemi virus Covid-19 yang penyebarannya sangat cepat dan meluas hampir diseluruh dunia membangunkan kembali kesadaran kita untuk mendengarkan jeritan bumi, yang bebannya menjadi semakin berat. Keserakahan kita mengeksploitasi bumi dengan berbagai aktifitas atas nama ekonomi dan kesejahteraan telah memarginalkan kelestarian dan keberlanjutan bumi yang menopang seluruh kehidupan makhluk diatasnya.

Di sisi yang berbeda, pandemi virus Corona yang sangat menakutkan bagi manusia ternyata membawa kebaikan bagi bumi. Beberapa artikel dan berita yang kita lihat menginfokan adanya hikmah dari berbagai kebijakan “lockdown”, “jaga jarak” dan “di rumah saja”. Bumi yang biasanya hiperaktif bekerja dengan berbagai kegiatan manusia tiba-tiba istirahat. Aktivitas manusia menurun drastis. Berkurangnya polusi dari asap kendaraan bermotor dan asap cerobong pabrik menyebabkan berkurangnya tingkat polusi dunia. Udara menjadi lebih bersih, tingkat kebisingan menurun. Pemanasan global menjadi melambat karena menurunnya Nitrogen Dioksida (NO2) dan penggunaan bahan lain di pabrik yang menyumbang terjadinya pemanasan global. Selain itu air menjadi lebih bersih dengan berkurangnya limbah industri. Royal Observatory Belgium menyatakan getaran tanah berkurang sampai 33 persen sejak sebagian pemerintah memberlakukan pembatasan pergerakan masyarakat. Dan ini mungkin benar bahwa saat ini sedang berlangsung restorasi bumi.

Sebagai umat beragama, hikmah yang bisa kita petik dari kondisi lingkungan ini adalah sudah saatnya kita bersama-sama untuk menyelamatkan bumi dari hal-hal kecil dan sederhana sampai semaksimal yang bisa kita lakukan.

Berkenaan hal tersebut, pada peringatan Hari Bumi Sedunia Tahun 2020 Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan beberapa kegiatan sebagai aksi cinta bumi, yaitu:

  1. Launching Panduan Kebijakan Lingkungan Perkantoran yang merupakan konsep pengayaan dalam penerapan eco office, yang nantinya akan dijadikan materi Peraturan Gubernur Kalimantan Selatan dan dikembangkan untuk kompetisi antar SKPD terhadap penerapan eco office.
  2. Melakukan penanaman pohon yang dilakukan serentak pada tanggal 22 April 2020 pada pukul 08.00 wita dimanapun kita berada (rumah, kantor, kebun dan tempat lainnya) secara mandiri.
  3. Mematikan lampu pada tanggal 22 April 2020 selama 60 menit yaitu pada pukul 20.20 – 21.20 Wita.

Upaya-upaya ini diharapkan dapat diresonansi untuk perbaikan perilaku menjaga bumi. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk kita semua bergerak.

Sekali lagi marilah kita mulai dari hal kecil dan sederhana, jangan sungkan berbuat kebaikan untuk bumi. Kita lakukan tindakan baik saat ini secara terus menerus akan berdampak baik pada masa depan bumi yang akan menunjang kehidupan generasi selanjutnya

Wabilahitaufikwalhidayah, Wassalamualaikum WarahmatullahiWabarakatuh.

Salam sejahera buat kita semua.

KEPALA DINAS LINGKUNGAN HIDUP
PROVINSI KALIMANTAN SELATAN,


HANIFAH DWI NIRWANA., ST, MT
Pembina Tk I
NIP. 19710321 199803 2 006

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *