Presiden Jokowi Resmikan TPA Sampah Regional Banjarbakula

BANJARBARU – Presiden Jokowi meresmikan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Regional Banjarbakula di kawasan Gunung Kupang, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Jum’at (7/2/2020).

Presiden datang ke lokasi didampingi oleh sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju, diantaranya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar beserta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.

Dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan bahwa masalah sampah bukan persoalan yang sepele. Apabila tidak ditangani dengan baik tumpukan sampah akan menimbulkan bencana seperti pencemaran lingkungan dan banjir yang sangat merugikan masyarakat.

“Jumlah sampah akan terus bertambah sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk, karena itu perlu penanganan sampah yang lebih baik dengan fasilitas dan teknologi yang lebih modern,” kata Jokowi.

Presiden RI ke – 7 ini pun mengapresiasi pembangunan TPA Sampah Regional Banjarbakula yang dapat menampung sampah dari 5 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan. Diketahui TPA Sampah Regional Banjarbakula memiliki luas 15 Hektar dan dapat menampung sampah hingga 790 ton per hari dan diperkirakan dapat dipergunakan hingga 7 – 8 tahun ke depan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *